Islam agama DAMAI ?

 

Jika Islam agama damai, mengapa ada perang dalam Islam ? Sebenarnya ' Penulis ' ingin sekali percaya bahwa Islam benar-benar agama yang cinta damai. Namun hingga kini masih sering muncul sebuah pertanyaan yang cukup mengganggu fikiran, " Benarkah agama Islam mencintai perdamaian? "

Tidak dapat dinafikan, ada ajaran agama Islam yang cenderung meyakinkan, bahwa Islam tidak menekankan damai dengan orang lain. Ajaran-ajaran ini ditekankan oleh sebagian umat Islam.  Jujur, nurani non-Islam terusik pada kenyataan bahwa banyak  ayat Al-Quran yang memerintahkan Muslim memerangi non-Muslim.

Ayat-Ayat Al-Quran yang Memberi Kesan Islam Tidak Suka Damai

"Dan bunuhlah mereka (orang-orang kafir) dimana saja kamu jumpai mereka . . . . " (Qs 2:191).

"Maka berperanglah kamu pada jalan Allah . . . Kobarkanlah semangat para mukmin (untuk berperang). . . . ." (Qs. 4:84).

"Perangilah orang-orang yang tidak beriman kepada Allah . . . . dan tidak beragama dengan agama yang benar (Islam)....." (Qs. 9:29).

" Apabila sudah habis bulan-bulan Haram maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu di mana saja kamu jumpai mereka . . . . . " (Qs 9:5).

". . . berjihadlah (melawan) orang-orang kafir dan orang-orang munafik itu, dan bersikap keraslah terhadap mereka. . . . . ." (Qs. 9:73).

Benarkah Agama Islam Mencintai Damai?

Pakar Islam berusaha menjelaskan ayat ini supaya tidak kelihatan anti-damai.  Namun ayat-ayat di atas jelas tidak menekankan damai.  Sering orang-orang Islam tertentu mempergunakan ayat-ayat ini untuk membenarkan penganiayaan dan pembunuhan. Itulah yang Penulis nampak . . . .

1 comment: